Surat Pernyataan Sikap IPI Iran Tentang Konflik yang Terjadi di Palestina

April 22, 2022

}

23:34

 

Pernyataan Sikap IPI Iran – Konflik di Palestina

Penyerangan zionis Israel ke Masjid Al-Aqsa pada bulan Ramadan tahun ini, merupakan aksi dan tindakan keji yang dipandang telah merendahkan unsur kemanusiaan dalam kontekstualisasi kehidupan masyarakat dunia. Aksi penyerangan yang dilakukan di akhir salat Subuh ini, diwarnai dengan aksi pelemparan gas air mata dan granat yang mengakibatkan sebagian orang warga sipil mengalami luka-luka. Kompas.com mengabarkan sedikitnya 158 warga sipil terluka, akibat tindak kekerasan yang dilakukan oleh tentara Zionis. Di satu sisi, beberapa masyarakat setempat, sebagaiman diinformasikan oleh CNBC Indonesia, bahwa para pelaku aksi kekerasan sengaja menghalangi kedatangan tenaga kesehatan yang dipandang merupakan rangkaian strategi penyerangan.
CNBC Indonesia bahkan mempertegas rangkaian strategi penyerangan keji ini dengan menambahkan pandangan salah satu juru kamera Palestina Rami al-Khatib, salah satu media informasi Palestina bahwa para tentara Israel dengan sengaja mengosongkan kompleks situs suci tersebut dan memukuli dan melempari bom para pengurus dan jemaah masjid. Akibat aksi kekerasan tersebut, beberapa pemerintah dunia memberikan kecaman atas dasar nilai kemanusiaan. Sebagian dari mereka memandang bahwa penyerangan tentara zionis Israel kepada para jemaah Masjid al-Aqsa telah mencederai nilai kemanusiaan masyarakat dunia.
Berkaca dari berbagai data dan penjelasan di atas, Ikatan Pelajar Indonesia (IPI) Iran sebagai organisasi pelajar dan mahasiswa Indonesia di Republik Islam Iran menyikapi ragam sikap penyerangan yang dilakukan oleh tentara zionis Israel kepada para jemaah Masjid al-Aqsa, demi membaca kembali aspek kemanusiaan dan keadilan dalam konteks kehidupan masyarakat dunia hari ini, sebagaimana termaktub dalam dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia, UUD 1945 yang berbunyi, “Sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan” dengan menimbang lebih jauh arah pandangan bangsa Indonesia dalam butir Pancasila, “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab” untuk mencerminkan aspek persamaan derajat, hak, dan kewajiban, serta menjunjung tinggi harkat martabat setiap individu dalam bingkai kemanusiaan. Berikut beberapa poin pernyataan sikap IPI Iran atas aksi dan tindak kekerasan yang terjadi pada tanggal 15 April 2022 ini;
1. Mengecam kezaliman Zionis Israel yang telah melakukan penyerangan di bulan suci.
2. Mengecam aksi kekerasan Zionis Israel yang telah melukai beberapa jemaah.
3. Mengecam kejahatan kemanusiaan yang terus menerus dilakukan oleh Zionis Israel terhadap masyarakat sipil Palestina.
4. Mendukung aktualisasi nilai perdamaian dan kemanusiaan dalam UUD 1945 dan Pancasila.
5. Menyeru kepada seluruh aliansi Perhimpunan Pelajar Indonesia di 60 Negara untuk menyatakan dukungan dan turut serta mengajak dan menyadarkan masyarakat Indonesia di setiap negara dan kawasan atas penyerangan yang dilakukan tentara Zionis Israel hari ini.
6. Menyeru kepada seluruh organisasi pelajar untuk ikut menyuarakan dukungan terhadap masyarakat Palestina di setiap koridor masing-masing.

Demikian surat pernyataan sikap ini disampaikan sebagai kesadaran dan acuan kita untuk meningkatkan nilai kemanusiaan dalam konteks kehidupan masyarakat dunia.

Tehran, 22 April 2022
Hormat Kami,
Kabinet Beraksi IPI Iran 2021-2023

 

Artikel Lainnya

Komentar

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Penulis

IPI Iran

Tehran, Iran

Share artikel ini

Follow Instagram IPI IRAN

Baca Juga