Medical Tourism: Iran sebagai Salah Satu Tujuan Wisata Medis Dunia

July 11, 2021

}

12:51

Hari ini, pariwisata medis (Medical Tourism) dianggap sebagai salah satu industri yang berkembang pesat di kancah global, sebagaimana diketahui sekitar 20 hingga 24 juta pasien melakukan perjalanan medis setiap tahunnya. Perkiraan ukuran pasar bervariasi, tetapi Patients Without Borders menempatkan nilainya sekitar €60 hingga €80 miliar di seluruh dunia.
Di Iran, tempat saya belajar, diketahui terjadi peningkatan jumlah pasien medis, seperti operasi jantung, perawatan gigi, operasi plastik dan kosmetik, perawatan ortopedi, serta operasi penurunan berat badan.
Namun, mengapa begitu banyak orang melakukan perawat medis di Iran yang notabene sebagai tempat belajar studi Islam? Demi menjawab pertanyaan tersebut, perlu digarisbawahi bahwa Iran merupakan negara yang tidak hanya mengembangkan wacana keagamaan. Akan tetapi, Iran, sebagaimana tidak diketahui oleh orang banyak, juga meningkatkan pembelajaran medis untuk menciptakan ahli bedah dan dokter yang kredibel untuk ikutserta meningkatkan pariwisata medis di kancah global.
Menurut data kesehatan, Maret 2018 – Maret 2019, rumah sakit Iran menerima sekitar 70.000 pasien asing setiap tahun, yang berasal dari Afghanistan, Irak, Azerbaijan, Kuwait, Oman, Bahrain, dan beberapa negara lain di sekitar Teluk Persia.

Sejarah Perkembangan Kedokteran Iran
Iran telah lama menjadi pusat pengembangan ilmu kedokteran, sehingga hanya sedikit universitas kedokteran tradisional di Timur Tengah selengkap dan secanggih Iran.
Hippocrates, bapak ilmu kedokteran Yunani, mengakui bahwa beberapa landasan teoretis medisnya telah diadaptasi dari Iran. Sejarah panjang dan peradaban maju bersama dengan rasa lapar akan keabadian membuka jalan bagi pengetahuan medis untuk perkembangan kedokteran di Iran.
Sekolah kedokteran kuno yang didirikan di Iran, seperti Gondishapur telah menyebarkan ilmu kedokteran selama ribuan tahun melalui peran penting Avicenna (Ibn Sina) sebagai sosok terdepan dalam perkembangan dunia medis.
Bahkan setelah revolusi Islam yang berlangsung pada 1979, sektor kesehatan Iran mengalami perkembangan pesat dengan mencatat fasilitas medis, pembangunan universitas kedokteran, serta pengembangan peralatan medis modern.

Destinasi Ramah Kantong
Jumlah pelancong medis di seluruh dunia berkembang pesat. Ada 3 alasan utama untuk pertumbuhan ini:
– untuk mengakses prosedur medis tertentu yang tidak ada di negaranya sendiri;
– untuk mengunjungi dokter dengan reputasi khusus;
– untuk mencari negara dengan pengobatan terjangkau dengan hasil yang memuaskan.
Iran adalah negara termurah di antara 41 negara yang menawarkan wisata medis di dunia. Biaya layanan medis di Iran kira-kira sepertiga dari layanan perawatan kesehatan di negara-negara besar, seperti Inggris dan Amerika Serikat. Karena mata uang Iran, riyal Iran, mengalami devaluasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, sehingga perawatan di Iran sangat murah dan terjangkau. Analisis biaya dari berbagai prosedur menunjukkan bahwa biaya pengobatan di Iran jauh lebih rendah daripada negara lain. Selisih biaya medis di Iran dan negara lain sekitar 50-400%.

Rumah Sakit & Klinik Kelas Dunia
Penawaran kualitas yang diberikan rumah sakit dan klinik di Iran sama tingginya dengan negara maju, seperti Inggris dan Amerika Serikat. Iran memiliki ratusan rumah sakit dengan berbagai macam teknologi medis canggih yang memberikan pengobatan berteknologi tinggi dan beragam spesialisasi.
Fasilitas medis dan bedah yang tersedia di rumah sakit Iran juga sangat berkembang yang dibuktikan melalui peralatan rumah sakit yang inovatif dan teknik medis yang unggul. Hampir semua rumah sakit swasta Iran memiliki fasilitas screening tingkat tinggi, klinik khusus, USG 3D, dan MRI.
Meskipun ada sedikit perbedaan kualitas layanan kesehatan yang ditawarkan oleh rumah sakit swasta dan publik di Iran. Namun, rumah sakit swasta diketahui memiliki fasilitas yang lebih baik dan layanan yang lebih cepat. Di satu sisi, kemahiran berbahasa Inggris dituturkan oleh sebagian besar staf rumah sakit. Selain itu, sejumlah besar rumah sakit telah menyewa penerjemah bahasa untuk membuat pasien merasa lebih nyaman.

Petugas Medis yang Kredibel dan Sistem Kesehatan yang Tepercaya
Iran memiliki dokter yang berpengalaman dan terampil. Mereka dilatih secara ketat dan juga harus membekali diri dengan pengetahuan medis terkini. Sebagian besar ahli bedah di Iran lulus dari universitas terkemuka di Eropa dan Amerika. Selain itu, mereka sangat terampil dan berpengalaman di bidang ini.
Spesialis medis harus lulus pelatihan ekstensif dan memperoleh sertifikasi profesional dari Dewan Medis Iran dan Kementerian Kesehatan sebelum mereka diizinkan untuk melakukan perawatan medis dan bedah. Rumah sakit dan klinik juga diawasi oleh pihak berwenang.

Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi
Iran yang dengan peradaban berumur lebih dari 5000 tahun adalah rumah bagi beberapa tempat dan tradisi tertua di dunia. Iran dengan 23 situs warisan dunia UNESCO dan pemandangan alam yang mempesona harus menjadi tujuan berikutnya dalam daftar perjalanan Anda.

Mudahnya Mendapatkan Visa untuk Health Tourism
Pemerintah Iran telah menghapus banyak pembatasan visa turis sejak 2018. Pemerintah Iran telah mendukung bidang medis, setelah menyadari potensinya sebagai salah satu sumber utama pendapatan nasional untuk meningkatkan perekonomian negara, sehingga pejabat pemerintah mulai memberikan izin IPD (Internasional Pasient Departement) kepada sekitar 200 rumah sakit. Negara ini juga telah memulai program pengabaian visa pada beberapa negara untuk meringankan apa yang dulunya membebani proses visa Health Tourism.

Pengobatan dan Tindakan Medis yang Populer di Iran
Iran sebagai tujuan wisata medis memiliki kredibilitas di berbagai bidang, antara lain;
1. Pengobatan infertilitas
2. Pengobatan kanker
3. Bedah kosmetik
4. Konsultasi dan Investigasi Pra IVF
5. Ortopedi – Penggantian Sendi
6. Perawatan Gigi
7. Bedah ortopedi
8. Neurologi dan bedah saraf
9. Kardiologi dan bedah jantung
10. Pengobatan obesitas
11. Oftalmologi

Iran juga merupakan salah satu tujuan para pelancong untuk diagnosis dan pemeriksaan penyakit dan pemeriksaan kesehatan yang komprehensif.

Di Luar Kebutuhan Medis
Selain fasilitas dan kondisi wisata medis yang disebutkan di atas, Iran juga merupakan tujuan yang menarik untuk layanan kesehatan dan kebugaran seperti terapi spa, perawatan pencegahan, rehabilitasi, dan pengobatan penyakit kronis. Ada sekitar 300 mata air mineral yang tersebar di seluruh penjuru negeri seribu Mulla ini.

Apa yang Diharapkan?
1. Hukum dan peraturan yang kaku dalam sistem medis Iran mendukung kesehatan dan keselamatan lingkungan perawatan kesehatan di negara tersebut.
2. Lingkungan yang higienis dan hasil praktik medis yang jelas dan setara untuk pasien internasional di rumah sakit Iran.
3. Konsultasi medis lengkap dan perawatan lanjutan yang komprehensif adalah beberapa hal yang dapat diharapkan ketika Anda pergi ke rumah sakit atau dokter Iran.
Rumah sakit yang bekerja di pasar perawatan kesehatan internasional diharuskan untuk mendapatkan lisensi yang diperlukan dari Kementerian Kesehatan di bawah lisensi IPD (International Patient Department). Lisensi ini mewajibkan rumah sakit untuk mematuhi standar internasional untuk penyediaan layanan kesehatan kepada wisatawan medis.

Kesimpulan
Iran kaya dengan sejarah kedokterannya, kehadiran dokter spesialis, dan dokter yang sangat berkualitas dan terkenal, prosedur yang aman dan murah, serta berbagai atraksi wisata di dalam negeri sudah cukup untuk menarik wisatawan medis di kawasan dan dari seluruh dunia ke Iran.

Artikel Lainnya

Komentar

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Penulis

Laila Rahmah, S.Si

Tehran University of Medical Sciences

Share artikel ini

Follow Instagram IPI IRAN

Baca Juga