Dalam rangka menguatkan hubungan silaturahim dan persaudaraan setanah air, Atase Pertahanan Republik Indonesia, Kol. Mar. Harwin Dicky Widjanarko melakukan kunjungan resmi ke kota Esfahan, Iran dengan bertemu diaspora Indonesia yang berada di kota tersebut, Jumat (20/9). Dengan menempuh jarak 448 km, berangkat dari Tehran, Atase Pertahanan RI beserta keluarga dan staff harus menghabiskan waktu kurang lebih empat jam di perjalanan untuk tiba di Esfahan. 

Di kota yang dikenal dengan julukan Nisf-e Jahan (separuh dunia), rombongan Atase Pertahanan RI disambut oleh 10 WNI yang kesemuanya adalah mahasiswa. Acara ramah tamah di gelar di Hotel Ali Qapu, tepat di jantung kota Esfahan. Dalam sambutannya,Harwin Dicky Widjanarko menyampaikan maksud kedatangannya yang disebutnya sebagai kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka mendukung keberhasilan tugas pokok perwakilan RI/KBRI di negara akreditasi Iran.  

Atase Pertahanan RI untuk Iran merangkap Azerbaijan, Turkmenistan, Uzbekistan, Irak, Kirgiztan, dan Qatar tersebut lebih lanjut menyebutkan tatap muka dan siltaruhami tersebut sangat penting dilaksanakan sebagai sarana komunikasi dan sharing informasi. “Secara spritual silaturahmi sebagaimana tuntunan agama dapat memanjangkan umur dan menjadi jalan dibukakan pintu rezeki oleh Allah swt.” Ungkapnya. 

Lebih lanjut pejabat militer yang pernah bertugas di Liberia tahun 2009 dan Sudan tahun 2013 tersebut menyebut pertemuan tatap muka secara langsung juga dapat menjadi wahana sharing, baik mengenai perkembangan terkini di tanah air, maupun perkembangan terbaru di luar negeri, terutama di Iran. 

Para mahasiswa Indonesia yang sedang studi di kota Esfahan tersebut menyambut hangat kedatangan Atase Pertahanan RI beserta keluarga dan rombongan. Dalam pertemuan yang diselingi makan malam bersama tersebut, satu demi satu mahasiswa berkesempatan untuk menjelaskan keadaan dan kondisi masing-masing. Para mahasiswa juga berterimakasih atas kedatangan dan perhatian Atase Pertahanan RI terhadap diaspora di Esfahan meskipun hanya berjumlah 10 orang.

Di penghujung pertemuan, Koloner Harwin memesankan, agar para mahasiswa menuntut ilmu sebaik-baiknya selama berada di Iran. “Keberhasilan ada di pundak kalian masing-masing, tetap semangat belajar untuk kejayaan tanah air tercinta.” Pesannya. 

Didampingi istri, Ny. Peltu TTU Osi Oktaviana, putri bungsunya Syakira Nabila, beserta kedua staff Syarif Hidayatullah dan Mulyani, Kolonel Harwin menyempatkan mengunjungi sejumlah destinasi wisata terkenal di Esfahan. Diantara yang dikunjungi selama seharian penuh adalah Naqshe Jahan, Se-o Se pol, Gereja Vank, Akuarium, dan Firetemple Zoroaster.