Bertempat di Mellat Park, sebuah taman kota di Tehran utara, KBRI Tehran bersama dengan pelajar dan diaspora Indonesia menggelar acara perlombaan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Kamis (8/8). Duta Besar Indonesia untuk Iran Octavino Alimuddin dalam sambutannya mengawali rangkaian lomba mengatakan, momentum peringatan kemerdekaan RI adalah momen yang sangat spesial untuk dijadikan ajang buat memperat persaudaraan dan semangat kebangsaan. Ia berkata, “Dengan tersebarnya kita di banyak titik di Iran serta kesibukan dengan aktivitas masing-masing membuat kita tidak selalu bisa berkumpul bersama. Momen memperingati hari kemerdekaan ini, adalah momen yang sangat kita nanti untuk kita bisa bersilaturahmi dan berbagi keceriaan bersama.”

“Rangkaian lomba yang akan kita adakan ini juga adalah dalam rangka kesyukuran kita kepada Allah swt atas nikmat kemerdekaan yang kita rasakan dan sangat perlu kita jaga dengan mengawalinya dengan menjaga persatuan kita sebagai anak bangsa. Karenanya terimakasih kepada semua yang hadir, yang datang dari berbagai kota meski jaraknya tidak dekat untuk ikut memeriahkan acara yang kita adakan hari ini.” Tambahnya dihadapan puluhan orang yang hadir.

Seusai menyampaikan sambutan, Dubes Octavino secara resmi melepas peserta jalan sehat sebagai agenda pertama dari rangkaian lomba yang diadakan yang berjalan mengelilingi taman yang berada di kaki pegunungan Alborz tersebut. Senam dan jalan sehat berjalan lancar dibawah komando Atase Pertahanan KBRI Tehran, Kol. Harwin Dicky Wijanarko. Seusai sarapan, acara lomba yang terdiri dari kategori, dewasa dan anak-anak dimulai pukul 9.00. Diantara jenis lomba kategori anak-anak yang dipandu oleh Biogen Akbar adalah lomba memasukkan pensil ke dalam botol, lomba lari memasukkan bendera, music mat, memindahkan bola pingpong dan memindahkan karet dengan sedotan. Sementara jenis lomba kategori dewasa yang dipandu Ridwan Satriawan adalah balap karung, lomba bakiak, kereta balon dan lomba memindahkan pingpong. 

Teriakan penonton memberi semangat kepada peserta lomba termasuk tawa atas aksi lucu atau peserta yang melakukan kesalahan membuat acara lomba penuh keceriaan, termasuk ketika terjadi insiden celana melorot salah seorang peserta lomba lari karung. Dubes Octavino bersama dengan pejabat KBRI lainnya tidak terkecuali untuk ikut juga sebagai peserta lomba dan mengundang gelak tawa ketika melakukan kesalahan dalam lomba. 

Acara yang berlangsung 4 jam dan  berakhir pukul 13.00 siang tersebut ditutup makan siang bersama dengan menu ketoprak dan nasi campur. Rangkaian lomba masih terus berlanjut di hari Jumat (9/8) dan pada tanggal 17 Agustus 2019 seusai upacara peringatan kemerdekaan. Jenis lomba yang akan diperlombakan diantara lain tenis meja dan tarik tambang untuk kategori dewasa, lomba lari kelereng dan lomba makan krupuk untuk kategori anak-anak. 

Acara lomba dihadiri kurang lebih seratus orang yang datang dari berbagai kota, diantaranya dari Syiraz, Kish, Masyhad, Kerman, Qom, Ghorghan dan Tehran sendiri. Sejumlah pengurus dan anggota IPI Iran juga turut meramaikan acara yang diadakan KBRI Tehran tersebut. 

Berikut diantara foto-foto acara lomba dalam rangka memperingati kemerdekaan RI ke-74 yang penuh keseruan dan kegembiraan:

Credit photo by Tety Mudrika Hayati
Credit photo by Tety Mudrika Hayati
Credit photo by Tety Mudrika Hayati
Credit photo by Tety Mudrika Hayati
Credit photo by Tety Mudrika Hayati