Masih dalam rangkaian kegiatan Simposium Amman 2019, PPI Timur Tengah dan Afrika melakukan aksi kemanusiaan dengan menyalurkan bantuan langsung kesalah satu lembaga pendidikan tingkat dasar di kamp pengungsian warga Palestina di Jerash, Yordania, pada hari ketiga Simposium Sabtu, (23/6).

Disambut antusias murid-murid sekolah yang menampilkan tarian, nyanyian dan puisi, para peserta Simposium Amman 2019 termasuk dari delegasi IPI Iran turut merasakan keperihan anak-anak Palestina tersebut dibalik keceriaan dan senyum  mereka yang tersungging. Laila Rahmah, salah seorang dari delegasi IPI Iran tidak bisa menahan airmatanya saat salah seorang bocah perempuan  Palestina membacakan puisi yang mendambakan adanya perdamaian dan harmoni terwujud di Palestina, sehingga ia bisa turut merasakan kebahagiaan di masa kecil, sebagaimana anak-anak lainnya.

Setelah penyampaian sambutan oleh salah satu pengurus HPMI Yordania, pengajar sekolah dan salah seorang penyantun, selanjutnya diserahkan bantuan langsung berupa satu paket peralatan sekolah ke setiap murid. Delegasi IPI Iran turut menyerahkan bantuan langsung tersebut.

Agenda selanjutnya, sekitar pukul 11.00, para peserta dan panitia dengan mengendarai bis menuju Camp Gaza, salah satu kamp pengungsian ratusan ribu warga Palestina di Yordania.

Dinamakan Camp Gaza karena mayoritas warganya berasal dari Gaza. Di Camp Gaza, para peserta melihat langsung rumah-rumah sederhana para pengungsi dengan fasilitas yang sangat minim, bahkan memasuki dan melihat langsung kondisi dan fasilitas ala kadarnya yang tersedia dalam rumah. Anak-anak pengungsi menyambut antusias kedatangan para delegasi dari beberapa PPI Negara di kawasan Timur Tengah dan Afrika.

Disebutkan, PPI Timur Tengah dan Afrika menggelar Simposium Kawasan 2019 dengan tema, “Dari Indonesia, untuk Palestina menuju Perdamaian Dunia” dari tanggal 21-23 Juni 2019. Hadir sejumlah delegasi dari PPI-PPI negara di kawasan seperti dari PPI Tunisia, PPMI Mesir, PPMI Arab Saudi, PPI Sudan, PPI Lebanon dan IPI Iran.