Artikel singkat ini akan membahas tentang menu sarapan orang Iran dan juga akan ada tips buat kalian yang ingin sarapan seperti layaknya orang Iran! penasaran apa aja menunya? Yuk kita bahas!

Siapa bilang menu sarapan itu harus ribet? Ngga ko! Misalnya nih salah satu menu favorit yaitu Persian Cheese and Herb Platter. Menu ini tediri dari roti sanggak (roti yang dipanggang di atas batu dan berbentuk persegi panjang), selai keju dan berbagai macam sayuran. menu sarapan yang simple dan segar ini disukai orang Iran karena tidak membuat ngantuk dan cukup untuk memberi energi di pagi hari. Selain itu, teh hangat (Chai) juga selalu menjadi teman favorit untuk menemani sarapan. Pemanis tehnya bisa dari gula batu, kurma, dan bisa juga dengan kismis.

Menu sarapan kedua yang ngga kalah simple yaitu Persian Tomato Omelette. Omelette ini sangat mirip dengan shakshuka, hidangan popular Timur Tengah yang berasal dari Afrika Utara, tapi tidak pedas dan tidak ada sayurannya. Resep sarapan ini sederhana dan berbeda dari jenis omelett lainnya. Sangat lezat dan akan sempurna jika disajikan dengan roti Lavash ( roti yang tipis dan lembut). Di Iran, kamu dapat menemukan menu sarapan ini hampir di setiap restoran, kafe, dan bahkan di kedai teh!

Nah sekarang mari kita simak tips-tips untuk sarapan simple dan sehat ala orang Iran!

Roti
Yes! Ini dia tips pertamanya. Pokok utama sarapan orang Iran adalah roti. Ada beberapa macam roti yang menjadi favorit waktu sarapan yaitu Barbari, Sanggak dan Lavash. Selain rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut, roti dapat menahan rasa laparmu sampai siang hari datang.

Pendamping Roti
Selain 2 menu diatas, orang Iran juga suka mencampur roti dengan bahan lainnya seperti mentega, selai (terutama ceri asam, wortel, atau quince), clotted cream, madu, dan juga makanan gurih seperti keju feta, mentimun iris dan tomat, dan kacang kenari.

Teh
Teh adalah minuman wajib orang Iran saat sarapan. mereka minum teh sepanjang hari, dimulai saat sarapan pagi hari. Sama seperti orang Italia minum c

appuccino di pagi hari, orang Iran memiliki chai shirin, teh dengan gula pasir saat sarapan. Teh dapat membuatmu merasa hangat dan menjadi lebih segar di pagi hari.

Sofreh
Sofreh adalah taplak meja tradisional yang tersedia dalam berbagai bahan dan pola. Di Iran, semua anggota keluarga berkumpul di sekitar Sofreh baik di atas meja atau di lantai saat makan. Ada cerita rakyat dalam bahasa Persia di mana sofreh disebut-sebut sebagai unsur yang sehat dan sopan.

Nah setelah membaca artikel ini, mari kita mulai hari dengan lebih bersemangat!