Siapa sih yang gak tau Candi Borobudur dan Candi Prambanan? Ya, kedua tempat itu masuk dalam situs warisan dunia UNESCO di Indonesia. Nah, Negara Iran pun juga memiliki beberapa situs warisan dunia tersebut, kali ini kita akan membahas Naqsh-e Jahan yang merupakan salah satu situs warisan budaya UNESCO yang paling indah. Penasaran? Yuk simak ulasan singkatnya!

Pada tahun 1598, ketika Shah Abbas 1 (Raja Iran) memutuskan untuk memindahkan ibu kota kekaisarannya dari kota Qazvin ke pusat kota Isfahan, dia memulai apa yang akan menjadi salah satu program terbesar dalam sejarah Persia yaitu renovasi lengkap kota. Alun-alun ini dibatasi oleh gedung-gedung bertingkat dua dan berlabuh di setiap sisi oleh empat bangunan megah: ke timur, Masjid Sheikh Lotfallah; ke barat, paviliun Ali Qapu; ke utara, the portico of Qeyssariyeh; dan ke selatan, The Royal Mosque. Tempat ini dibangun dengan luas 160 meter, lebar 560 meter,  dan panjangnya seluas 89.600 meter. Ini adalah salah satu alun-alun kota terbesar di dunia dan contoh luar biasa arsitektur Iran dan Islam.

Dikenal sebagai Naqsh-e Jahan(Gambar Dunia), tempat ini ramai dikunjungi turis. Disana mereka bisa melihat indahnya Arsitektur masjid Iran, megahnya Kerajaan Persia zaman dahulu, atau hanya sekedar duduk-duduk di taman. Berada di tempat ini rasanya seperti menjadi anggota Kerajaan Persia yang sedang berlibur di hari Jumat. Suasana yang damai tentram ditemani suara air mancur di tengah Alun-alun.

Ada tips nih buat kalian yang ingin berkunjung ke tempat ini. Musim semi adalah musim yang paling pas untuk jalan-jalan kesini,kenapa? Ya selain cuacanya yang hangat, pemandangan di taman pun semakin indah karena bunga-bunga mulai tumbuh cantik.

Nah terus kalo mau beli oleh-oleh dimana? Tenang aja, silahkan berkunjung ke Bazaar Isfahan. Tempat ini adalah pasar sejarah dan salah satu pasar tertua dan terbesar di Timur Tengah. Meskipun struktur masa kini berasal dari era Safawi, sebagian darinya berusia lebih dari seribu tahun!

 

 

 

 

Jadi tunggu apalagi? siapin kameramu dan saatnya berkunjung ke Iran!